Senin, 20 Januari 2014

^,^ EMOTICON ^,^

 


Adakah yang tau simbol ini “ :) “ atau “ :( “ atau yang ini “ :D “? ya benar sekali simbol-simbol ini adalah emoticon. Emoticon adalah sebuah simbol atau kombinasi dari simbol-simbol yang biasanya digunakan untuk menggambarkan ekspresi wajah manusia yang mengandung emosi atau perasaan dalam bentuk pesan atau tulisan. Simbol-simbol ini sering ditemui dan dipakai kebanyakan dalam e-mail, forum-forum internet seperti chating atau blog, atau dalam pesan singkat kepada teman atau keluarga. Lalu apa yang menarik dari simbol-simbol ini ?

  1. Emoticon ternyata sudah ada sebelum Indonesia merdeka
    Populernya penggunaan emoticon yang saat ini sudah sampai merambah ke dalam berbagai sendi kehidupan manusia berawal dari saat masa-masa awal kelahiran internet. Sekitar 30 tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 18 September 1982, pukul 11:14, emoticon pertama yang mendukung kode ASCII (American Standard Code for Information Interchange), yaitu : – ) dan : – ( diperkenalkan oleh Profesor Scott Fahlman, pada “bboard”, message board online yang terdapat pada Universitas Carnegie Melon. Profesor Fahlman pertama kali mengusulkan menggunakan tanda : – ) sehabis penulisan post yang sifatnya lelucon atau diniatkan untuk lucu dan tanda : – ( ketika pembicaraan di message board itu kembali ke pembicaraan yang serius, meskipun pada tanda : – ( dewasa ini malah berkembang dan diartikan menjadi emosi marah atau ketidaksenangan.
  2. Emoticon versi Barat VS versi timurPenggunaan emoticon sendiri di dunia maya dewasa ini terbagi menjadi dua macam variasi gaya, yang pertama ada adalah gaya barat, dengan ciri khas bagian “mata” tidak diberikan penekanan atau netral, sementara bagian “mulut” yang lebih ekspresif, : – ), : –(, dan yang kedua adalah gaya asia yang memiliki ciri khas bagian “mata” yang ekspresif dan penggunaan bagian “mulut” yang netral, yang dapat dapat dilihat dari contoh berikut, (^_^) untuk ekspresi senang, (T _ T) untuk ekspresi sedih, (x _ x) atau (-_-) untuk ekspresi malu, dan berbagai variasi lainnya yang meliputi bagian tangan, yaitu <(^_^)> atau  ⊂( ゚ヮ゚)⊃
  3. Emoticon ternyata ada di uang seribu rupiahUang kertas 1000 rupiah tentu sudah tidak asing lagi bukan. Secara umum penampilan fisik dari uang kertas ini sama dengan uang ketas rupiah lainnya, didominasi dengan satu warna khas dengan garis-garis grafis rumit. Tapi tahu tidak ada fakta menarik dari si uang seribuan ini. Jika kita perhatikan lebih mendetil garis-garis grafis tersebut, misalnya dengan kaca pembesar. Apakah disengaja atau tidak, tapi khusus uang kertas ini, jika Anda perhatikan dengan teliti di bagian tertentu ada gambar smilenya. Dimanakan letak gambar smilenya? Perhatikan gambar di bawah ini :

                                            Gambar uang 1000 rupiah secara keseluruhan

                                  Gambar diperbesar pada bagian baju Kapitan Pattimura


                                 Gambar diperbesar pada kancing baju Kapitan Pattimura


                                  Maka terlihatlah  smile pada bagian gambar kancingnya.

Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Emosikon
http://dekdani.wordpress.com/2010/07/27/keunikan-uang-rp%C2%A01000%C2%A0di%C2%A0indonesia/
http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/250963-ini-sejarah-panjang-emoticon

Nama : Rudwiky Okta Putra
NIM : 202132306139002
Dosen : Onno W. Purbo
Kampus : Surya University

12 komentar:

  1. saya barus sadar bhwa ada smiley di uang seribuan..hahaha

    BalasHapus
  2. emoticon ternyata banyak digunakan ya,, hha,, mantap ni infonya,, :) :D

    BalasHapus
  3. Saya baru tau ternyata emoticon ada di uang 1000 hehe. Comant back yaa.

    BalasHapus
  4. wakakak meratiin aja.. pahlawan aja pake emot di kancing yak wakakak..

    BalasHapus
  5. Saya baru tahu ilmu ini. Nice Posting gan terus berkarya !

    BalasHapus
  6. woooooo keren, baru tau ternyata kapten patimura alay juga wkwk nitip lapak gan http://katabryan.blogspot.com

    BalasHapus
  7. keren dah,,,, good posting,,

    BalasHapus
  8. nice posy wiki pedia~
    selamat berlibur dan semoga hasil UAS tidak mengecewakan ~

    BalasHapus