Senin, 03 Maret 2014

TEKNOLOGI MEMAJUKAN DESA, BENARKAH?



      Perkembangan Teknologi yang begitu pesat telah merambah ke berbagai daerah termasuk ke daerah pedesaan. hal ini bisa dilihat dari mulai banyaknya penggunaan mesin-mesin dalam setiap aktivitas para petani seperti penggunaan traktor, penggunaan mesin penggiling padi, dan masih banyak yang lain. namun yang menjadi persoalan adalah apakah benar teknologi itu memajukan pedesaan?

        Perubahan dalam suatu aspek akan menyebabkan perubahaan ke aspek yang lain. sebagai contoh kita bisa mengambil satu topik dimana masuknya mesin-mesin ke pedesaan telah menyebabkan reaksi berantai terhadap kultur budaya dan kesejahteraan masyarakatnya. Sebelumnya buruh wanita biasa menumbuk padi sebagai penghasilan tambahan, namun sekarang hanya tinggal di rumah dengan kata lain ibu-ibu menjadi pengangguran. Masuknya traktor menyebabkan tenaga kerja hewan seperti sapi atau kerbau menganggur dan buruh tani kehilangan pekerjaannya. Akhirnya lapangan kerja di desapun semakin sedikit.

        Keadaan demikian menyebabkan terjadinya urbanisasi, buruh tani dan para pemudanya lari ke kota mencari pekerjaan. Hal ini kemudian memberikan dampak kepadatan penduduk yang membeludak di perkotaan, lalu menjadikan perputaran ekonomi semakin besar dan desa semakin tertinggal. Namun keadaan ini tidak sampai di sini, ketika mereka kembali lagi ke desa timbul konflik kultur akibat budaya yang terbangun selama berada di kota terbawa ke desa. Dari contoh sederhana ini dapat dibayangkan betapa akibat masuknya teknologi sangat berpengaruh terhadap kultur budaya dan kesejahteraan masyarakat pedesaan.

Sumber :
http://alhada-fisip11.web.unair.ac.id/artikel_detail-64108-Esay-Studi Kasus Dampak Masuknya Teknologi Modern Pada Masyarakat Desa.html

Nama : Rudwiky Okta Putra
NIM : 202132306139002
Dosen : Onno W. Purbo
Kampus : Surya University
          



7 komentar:

  1. sungguh luar biasa apabila teknologi digunakan pada masyarakat desa pastinya panen akae lebih sukses. gook wiki

    BalasHapus
  2. sebenarnya teknologi yanakatg digunakan masyarakat di desa membawa dampak positif aja sih..dan pastinya dapat memajukan desanya tersebut....contoh di pedesaan..pendataan penduduk itu pake software..bkn pake pembukuan lg..

    BalasHapus
  3. nice post om,, bisa aja maju...

    BalasHapus
  4. Info menarik . lanjutkan gaaann mantap
    kunjungi ya http://egadewaa.blogspot.com

    BalasHapus
  5. nice posy wiki pedia~
    selamat berlibur dan semoga hasil UAS tidak mengecewakan ~

    BalasHapus